MoreNiche

Tuesday, February 15, 2011

Blogger Indonesia mati suri?

writing blogAku gak tahu harus bagaimana. Apakah aku harus senang atau sedih demi mengetahui bahwa yang kehilangan semangat blogging (gak aktif ngeblog) ternyata gak cuman aku sendiri. Tadinya aku berpikir bahwa hanya aku yang gak aktif ngeblog tapi ternyata banyak juga blogger yang juga gak aktif update blog-nya.

Selama weekend kemarin selain update beberapa blog, aku juga sengaja meluangkan waktu untuk menengok blog-blog yang selama ini menjadi acuan dalam merintis karir menjadi seorang blogger. Khususnya blog-blog yang membahas tentang bisnis online. Hasilnya cukup mengejutkan bahwa ternyata blog-blog tersebut juga jarang/gak pernah di-update. Toh meskipun beberapa blog tersebut aktif tapi jumlah postingannya gak lebih dari 2 dalam 1 bulan. Itupun lebih banyak ngebahas hal diluar monetized blog atau berupa postingan bayaran.


Blogger Indonesia mati suri?
Aku gak tahu apakah ini suatu fenomena atau hanya sebuah kebetulan belaka? Apabila hal ini merupakan sebuah fenomena tentunya sangat disayangkan karena pastinya banyak yang merasa kehilangan dan membuat dunia blogosphere Indonesia dengan tema bisnis online menjadi gak serame dulu. Atau emang bisnis online khususnya monetized blog bener-bener sepi? Semoga saja tidak. Aku hanya berharap semoga saja ini sebuah kebetulan belaka. Karena aku tahu pasti bisnis online gak cuman monetized blog doang jadi semoga saja para master blogger Indonesia itu lagi sibuk ngurusin ladang bisnis online-nya yang lain sambil berharap semoga (banyak banget semoga-nya) mereka segera kembali membagi ilmu soal peluang baru di bisnis online.

Rasanya gak perlu aku sebutin kan mana blog-blog para master yang masih aktif dan mana yang gak? Semoga (lagi!) saja blog kawan-kawan bukan termasuk yang gak aktif. Sekalian mo ngucapin Happy Valentine buat Blogger Indonesia :)

0 comments:

Post a Comment

Artikel Yang Berhubungan

Make money online

Tentang BrandalSurga

Blog Brandal Surga ini hanya berisi catatan pribadi dari pengalaman dan eksperimen seorang blogger 'nakal' yang saat ini tengah berada di surga dalam hal blogging dan bisnis online. Kadang terselip juga sepenggal kisah hidup dan cerita kesehariannya. Manis dan getir semuanya terkumpul disini seolah kedua hal itu gak ada bedanya. Semoga aja ini semua bermanfaat buat kalian.

Cheersss...
Tambenk aka Brandal Surga

Tentang Brandal Surga | Kontak Brandal Surga

Followers

  © Blogger template The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008 | Customize by Detaro

Back to TOP